Selasa, 05 April 2011

Awas!! Terkontaminasi Virus Cinta




Apa sich virus??hayoh apa virus itu?ada yang tw? Yuk cari tw!!

Virus adalah mikroorganisme yang sedemikian kecinya sehingga hanya dapat dilihat pada perbesaran tinggi mikroskop elektron (Pelczar and Chan,(2008),Dasar-dasar Mikrobiologi,Jakarta:UI-press).
Yach.....kayak bikin laporan praktikum ajah(^_^). Ehmmm kalo virus cinta kayak gitu juga g’ ya?? Cari tw arti cinta dulu yuk. Apa sich cinta??
Menurut kamus, cinta adalah jika kita selalu ingat, selalu memikirkan, merasa rindu, suka, sayang yang teramat sangat, serta merasa berharap-harap pada sesuatu yang kita cintai. Bisa kamu cek dikamus kamu, cpa tw beda.
Kalo ini perkataan Ibnul Qoyyim tentang cinta : ”Cinta itu merupakan sendi kehidupan hati dan makanan pokok jiwa. Hati tidak akan dapat merasakan kelezatan, kenikmatan, kebahagiaan dan kehidupan tanpa cinta didalamnya. Apabila hati telah kehilangan cinta, maka penderitaannya serasa lebih sakit daripada derita yang dialami oleh mata dikala ia kehilangan cahayanya, dan hidung dikala ia kehilangan penciumannya, serta lisan dikala ia kehilangan suaranya. Bahkan hati, ketika didalamnya hampa akan cinta terhadap sang Penciptanya, sakitnya akan lebih dasyat dari rusaknya tubuh karena sakit jiwanya. Perkara ini sulit dipercaya, kecuali orang-orang yang hidup hatinya”.
Perasaan cinta terhadap wanita itu ada tiga jenis, yaitu :
Pertama, cinta yang bernilai ibadah, yaitu kecintaan seorang suami terhadap istrinya. Kedua, cinta yang dilarang oleh Allah, yaitu kecintaan seorang laki-laki terhadap wanita yang bukan mahramnya. Ketiga, cinta yang mubah (dibolehkan), yaitu sebagaimana cintanya seorang laki-laki tatkala digambarkan perihal seorang wanita cantik kepadanya, lantaran hatinya pun bergetar dan terpaut kepadanya.
Ibnul Qoyyim juga mengungkapkan bahwa ”Cinta yang terpuji adalah cinta yang bisa mendatangkan manfaat kepada pemilik cinta itu hal-hal yang memberinya manfaat didunia maupun diakhirat. Maka cinta yang seperti itu merupakan muara sebuah kebahagiaan. Adapun cinta yang tercela adalah cinta yang bisa mendatangkan kepada pemiliknya hal-hal yang membawanya kepada kerugian dunia akhirat. Dan cinta semacam ini adalah sumber penderitaan dan duka lara”.
Back to virus cinta…
(virus cinta yang dibahas adalah cinta yang dilarang oleh Allah)
Virus ini sangat berbahaya, mengancam keselamatan jiwa dan raga manusia, tapi hewan juga kayaknya. Iya gak sich…lakukan penelitian sendiri dech. Virus ini biasa menjangkiti manusia dengan gejala-gejala fisiologis maupun morfologis. Wah bisa ketahuan donk?? Yup gituh dech
Mau tahu gejala-gejalanya apa ajah?? Coba baca!!
Gejala-gejala fisiologis berupa : pertama, hati terasa ada sesuatu yang tidak nyaman (bagi yang ngerasain manisnya iman pasti ngerasa tidak nyaman jika terserang virus cinta). Yang kedua, hati terasa berdebar-debar apabila ketemu dengan sang penular virus cinta (alias orang yang menyebabkan timbulnya virus cinta dihati). Yang ketiga, apa ya..?? ada yang tau gak??coba dech telusuri perasaan apa ajah yang ada kalo kamu lagi terkontaminasi virus cinta. (cinta yang sehat ya…..semua pasti udah pernah, kalo kamu normal hehe…^_’)
Truz…gejala-gejala morfologisnya….??
Pertama, sering menyebut nama sang penyebab virus cinta dihati kamu itu. Mungkin saat kamu curhat sama temen atau lagi ngobrol-ngobrol ajah, secara gak sadar eh ternyata kamu sering menyebut namanya ck…ck…ck…(bagi yang cerewet terutama ^_^) eh yang gak cerewet malah bisa jadi cerewet loh
Kedua, raut muka lebih cerah bagaikan sinar mentari yang menyinari di pagi hari (wah kayak apa tuh). Expresi dari suasana hati itu tergambar diwajah (mana sich kacanya? mw lihat), mau suasana seneng, gembira, suka cita, and happy (loh apa bedanya tuh?kayaknya sama ajah dech). Maksudnya gini, cermati ya…sebelumnya ambil posisi duduk yang paling nyaman dan tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan (ulangi 3x udah cukup)

????????????? apa maksudnya??gak nyambung dech kayaknya ‘-‘)

Suasana hati yang lagi seneng alias gembira alias suka cita alias happy, suntuk, sebel, marah, bingung, susah, gak seneng, duka lara, dendam (eits…ngeri amat), termasuk cinta pasti kelihatan di raut muka-mu.(tuh kan kelihatan mukamu merah merona jadinya). Ehmmm ^_^)
Ketiga, jadi lebih rajin (terutama dandan), lebih rapi, lebih…..(jadi berlebihan dech alias lebay)
“Dan janganlah kamu berhias dan bertingkahlaku seperti orang-orang jahiliah
(Q.S Al-Ahzab:33)
Keempat, ???........
Cobalah amati temen kamu yang lagi terkontaminasi virus cinta ini apa ajah kira-kira yang nampak secara fisik. Siapa tau bisa jadi PKM yang sukses trus dapet beasiswa.
Atau bagi yang pernah terkontaminasi virus cinta, boleh ko’ menambahi gejala-gejala morfologi maupun fisiologinya melalui hati masing-masing ya.
Yuk lanjuuut...
Sebenarnya ada loh pencegahan agar gak terkontaminasi virus ini, yaitu dengan imunisasi. Tau kan imunisasi?? gak cuma buat adek bayi ajah ternyata. Remaja terutama, perlu banget imunisasi (tenang,...!!gak pake suntikan ko’) yaitu dengan cara pengenalan diri terhadap virus cinta. (kamu : ”ehm ehm...kenalkan nama saya Love” /  virus :”nama saya cinta” +jabat tangan). Bukan gituh ya caranya, tapi kamu bisa kenalan sama virus cinta pada saat kamu merasakan first love  sama seseorang (cie....jadi keinget nich). STOP!! Dilarang bayangin karena melanggar naskah bacaan (kan gak ada kalimat perintah dalam naskah ini untuk ngebayangin). Saat itulah sebenernya kamu di-imunisasi, kamu di kenalkan sama virus cinta sama Pencipta kita yaitu Allah agar tubuh dan hati kamu membentuk sistem pertahanan diri terhadap virus ini dan akhirnya kebal terhadap virus cinta yang berbahaya ini. Konsepnya sama ko’ dengan imunisasi cacar, campak, de-el-el, cuma beda cara dan alatnya ajah.
Kalo udah diimunisasi, langkah selanjutnya yaitu menjaga sistem imun hati. Caranya kayak gimana sich jaga imun hati?? Begini nich...
Cari tau dulu apa yang bisa menyebabkan virus ini mengkontaminasi hati,yaitu berawal dari sebuah pandangan mata. Sepertinya itu hal yang remeh, ternyata sangat berbahaya teman-teman!!(info kan ke teman-teman lain ya....^_^). Pandangan mata sebelum kedipan pertama adalah nikmat, setelahnya hasrat. Pandangan yang berulang-ulang inilah yang berbahaya, apalagi kalo ditambahi dengan komunikasi yang kesana-kemari, hadeuh gawat dech. Awalnya pandangan, terus senyuman dan sapaan, selanjutnya kata-kata, janji, dan perjumpaan. Akhirnya terkontaminasi beneran dech sama virus cinta. Nah udah tau kan penyebabnya apa, sekarang langkah pencegahan :
Yang pertama, menundukkan pandangan. Pandangan bisa jadi kerasukan, kerasukan apa saja bisa jadi terlarang, jangan mepet-mepe....tt(hehe..ko’ sampe jogja kenalan sama nasyidnya JV alias justice voice). Pandangan merupakan pintu pertama yang membangkitkan rasa cinta, karena manusia senang menikmati keindahan. Bukan berarti harus merem ya... atau nunduk2 kalo jalan(awas nabrak!! hadeuh malah kacau dech), tapi tidak mengumbar pandangan.
Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman : ”Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat
(Q.S.An-Nur:30)
Kedua, selalu ingat Allah. Dimanapun, kapanpun, sedang apapun, dalam keadaan bagaimanapun, dan siapapun wajib mengingat Allah ok!! Ok dech.. Allah Maha Mengetahui apa-apa yang tampak ataupun yang tidak tampak.
Ketiga, selalu mendekatkan diri pada Allah. Dengan cara rajin sholat, dzikir, tilawah (baca Al-Qur’an + arti + makna), shoum sunnah, sedekah, dan apa aja lah amalan yaumi yang bisa membuat kita dekat pada Allah. Kalo kita dekat sama Allah, maka hati kita pun akan mencapai yg nmanya ”tenang”.
”Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang”Q.S. Ar-Ra’du:28)
Keempat, menyibukkan diri dalam kegiatan ato aktivitas yang positif.(contohnya?? ^o’?.....bnyak bgt ko’, example : belajar, membaca buku2 Islamic, bantu ortu,dll)yach..intinya kegiatan yang gak mengarah kepada yang negatif alias keburukan.
”Barangsiapa yang tidak menyibukkan diri dalam kebaikan, niscaya ia akan disibukkan dalam keburukan”(Al-Hikmah).
Kelima, menautkan hati bahwa segala sesuatu yang dilakukan hanya karena Allah. Memang agak sulit, tapi insyaallah bisa kita kalahkan para syaiton yang menggoda iman.
Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya”(H.R Bukhori & Muslim)
Barangsiapa yang mencintai seseorang karena Allah, membencinya juga karena Allah, memberi sesuatu kepadanya karena Allah, menolak serta mencegahnya juga karena Allah, sungguh ia telah menyempurnakan imannya”(HR. Abu Dawud)
Keenam, bertawakal pada Sang Pemilik Segala Urusan, Allah azza wa jalla.

Nah berarti kita perlu berhati-hati dengan virus cinta ini, yang sekarang ini dengan mudah dapat merebak kedalam hati seorang ikhwan ataupun akhwat. Be careful....!!! karena kalo sampe terkontaminasi virus cinta pada waktu yang sama sekali gak tepat yang akhirnya membahayakan diri kita (naudzubillahimindzalik), sesungguhnya Allah sangat pedih adzab Nya.
Dan peliharalah dirimu daripada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang  dzalim saja diantara kamu dan ketahuilah bahwasanya Allah amat keras siskaan-Nya” (Q.S Al-Anfal : 25)

^_”) Menerima segala bentuk kritik dan saran yang sopan. Segala bentuk kesalahan dalam penulisan ada yang tidak disengaja dan ada yang disengaja oleh penulis. Semoga bermanfaat untuk mengingatkan hati kita semua. Allahuma amiin...
^_^Jazakumullah^_^
By : Asri Sugesti (sugesti_bengkulu@yahoo.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar